Grenden

Wisata konservasi alam dan budaya Grenden terletak di Dusun Grenden, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis Kab. Magelang. Lokasi wisata ini menawarkan keindahan alam di dalam hutan pinus, batu rembesan beserta fasilitas-fasilitas atraksi wisata seperti wahana swaphoto view 1600 mdpl, rumah kurcaci, outbond, camping ground. Pengelolaan wisata dilakukan oleh kelompok masyarakat yang sudah terorganisir dengan baik bernama Kelompok Penggiat Wisata Grenden.

Dari hasil survey yang dilakukan, diketahui bahwa kegiatan wisata konservasi alam dan budaya Grenden yang dilakukan oleh Kelompok Penggiat Wisata Grenden berlokasi di zona tradisional dan zona rimba. Kelompok penggiat wisata ini juga menyediakan tempat parkir roda empat bagi pengunjung yang berlokasi di zona tradisional.

Kegiatan Wisata Alam Grenden yang berada di zona tradisional memiliki sensitivitas ekologi yang rendah karena berbatasan langsung dengan lahan dan pemukiman penduduk, tetapi memiliki sensitivitas sosial yang tinggi terkait pemanfaatanya sebagai obyek wisata yang dikelola masyarakat. Adapun sebagian dari kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok Penggiat Wisata Grenden di zona rimba memiliki sensitivitas ekologi sedang dan sudah tidak sesuai dengan kondisi pengelolaan yang mengacu pada zonasi yang sudah ada sehingga perlu ditinjau kembali.