Peringatan HPSN di TN Gunung Merbabu

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, Senin 4 Maret 2019 Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) melaksanakan kegiatan aksi bersih sampah. Mengambil tema “Kelola Sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai”, kegiatan ini dilaksanakan secara serempak di lima lokasi di kawasan TNGMb yakni: Jalur Pendakian Selo (Genting), Umbul Songo Kopeng, Buper Kalipasang, Top Selfie Kragilan, serta Grenden.

Sebelum dilakukan aksi bersih sampah, terlebih dahulu dilaksanakan Apel Kesiapan Peserta yg dipimpin langsung oleh Ir. Edy Sutiyarto Kepala Balai TN Gunung Merbabu sekaligus membacakan Sambutan Menteri LHK. Setelah itu Kepala Balai bersama dengan 100 orang peserta kegiatan yang terdiri dari karyawan-karyawati Balai TN Gunung Merbabu, KPA Pinoes, KOMPPAS, GRABUPAL, PT. KAW, dan mahasiswa dibagi dalam empat kelompok untuk membersihkan kawasan wisata alam umbul songo.  Sebanyak 1.073 kg sampah dapat dikumpulkan yang terdiri dari pakaian, plastik (bungkus permen, kantong plastik, plastik mulsa, gelas dan botol minuman), serta spon busa.

Diwaktu bersamaan, karyawan-karyawati SPTN Wilayah II berkolaborasi dengan KPA Rajawali, Banser Desa Tarubatang, masyarakat sekitar dan pendaki juga melaksanakan aksi bersih Gunung di Jalur pendakian Selo diikuti oleh 150 orang. Sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 275 kg yang terdiri dari botol plastik, botol kaca, bungkus mie instant, serta jas hujan plastik. Sedangkan bersih sampah di Grenden dan Top Selfie Kragilan diikuti oleh 24 orang dan menghasilkan 188 kg sampah plastik. Pada akhir kegiatan, Kepala Balai memberikan himbauan agar kita dapat selalu menjaga kebersihan, tidak hanya pada peringatan HPSN saja.Terimakasih disampaikan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan aksi bersih sampah ini. Salam Konservasi

BTNGMb