Kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi di Balai Taman Nasional Gunung Merbabu

Boyolali, 26 April 2019, Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) mengadakan Latihan Evakuasi Mandiri Bencana pada hari Jumat 26 April 2019. Latihan Evakuasi Mandiri Bencana ini dilaksanakan di kantor BTNGMb Boyolali dengan melibatkan seluruh pegawai yang ada di kantor Balai dan

Resort Ampel. Tujuan dilaksanakan kegiatan latihan ini untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan pada situasi darurat bencana untuk mengurangi dampak buruk bencana. Latihan evakuasi mandiri bencana kali ini berupa latihan evakuasi mandiri bencana gempa bumi mengingat sebagian besar waktu pegawai berada di dalam kantor Balai

Plt Kepala Balai Ir. Junita Paryanti MT yang menjelaskan pentingnya kesiapsiagaan kita saat terjadi bencana karena bencana tidak dapat diperkirakan waktu dan besarnya. Setiap pegawai perlu tahu dan sadar apa yang harus dilakukan saat bencana terjadi termasuk juga jalur evakuasi dan titik kumpul evakuasi.

Latihan evakuasi ini dimulai dari pegawai saat berada didalam ruangan masing-masing dan pada saat terjadi bencana gempa bumi, bunyi sirine akan menyala. seluruh pegawai BTNGMb tetap berada diruangan masing-masing dan berlindung. Saat gempa sudah mereda dan bunyi sirine kedua menyala seluruh pegawai keluar ruangan melewati jalur evakuasi menuju titik kumpul (halaman depan kantor).

Selanjutnya masing – masing koordinator ruangan memastikan bahwa seluruh anggota ruangan sudah berada dititik kumpul dan melaporkan ke koordinator lapangan dan koordinator lapangan meneruskan ke tim evakuasi. Tim evakuasi melakukan penyisiran ruangan dan segera melakukan evakuasi dan penyelamatan korban.

Tim P3K melakukan pertolongan pertama pada korban jika perlu penanganan lebih lanjut segera dibawa ke RS terdekat. Pasca kejadian Pemegang Komando menenangkan seluruh pegawai dan tetap waspada mengantisipasi gempa susulan serta mengikuti perkembangan situasi dan memantau berita atau informasi lebih lanjut dari pihak yang berwenang.

Video simulasi/ latihan evakuasi mandiri bencana BTNGMb dapat disaksikan melalui laman youtube : https://youtu.be/0Kv4HcOOC5c.

Astekita – BTNGMb