SMK Kehutanan Negeri Manokwari Meningkatkan Kompetensi Keahlian Peserta Didik di TN Gunung Merbabu

Boyolali, 26 Agustus 2019. Kepala Balai TN Gunung Merbabu, Ir. Junita Parjanti, MT menerima kedatangan 32 siswa kelas XVII SMK Kehutanan Negeri Manokwari. Siswa SMK Kehutanan Negeri manokwari akan mengadakan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan selama 2 bulan di Kawasan TN Gunung Merbabu, setelah sebelumnya berlayar dari Manokwai menuju Kantor BTNGMb selama 5 hari.

Pagi ini (26/8) siswa-siswi SMK Kehutanan Negeri Manokwari mengikuti apel pagi di halaman kantor Balai TN Gunung Merbabu. Dalam apel pagi ini Kepala Balai mengucapkan selamat datang di Balai TN Gunung Merbabu. Kepada seluruh siswa didik SMK Kehutanan Negeri Manokwari, Ibu Kepala Balai berpesan kepada semua adek-adek untuk selalu menjaga kesehatan, supaya kegiatan PKL dapat berjalan lancer dan dapat selesai sesuai dengan target, mengingat waktu pelaksanaan PKL cukup lama dan membutuhkan kondisi tubuh yang fit. Ibu Kepala Balai sekaligus memberikan arahan secara umum dalam kegiatan PKL.

Kepala Balai TN Gunung Merbabu menyambut baik kegiatan PKL ini dan mendukung sepenuhnya. Harapan besarnya data-data yang diperoleh dari kegiatan PKL ini bisa memperkaya koleksi bank data di Balai TN Gunung Merbabu. Petugas-petugas Resort juga sudah mempersiapkan tempat untuk tinggal selama siswa melakukan praktek di lapangan. Kepala Balai juga menekankan kepada siswa-siwi untuk bisa menghormati kearifan lokal setempat, sehingga bisa menyatu dan berinteraksi dengan masyarakat lokal.

Kegiatan PKL merupakan bagian dari rangkaian kurikulum pendidikan di SMK Kehutanan Negeri Manokwari yang bertujuan untuk memantapkan dan meningkatkan kompetensi keahlian peserta didik, memberikan wawasan dan pengalaman dunia kerja sekaligus melatih sikap mental (softskill) peserta didik sebagai bekal persiapan memasuki dunia kerja. Kegiatan PKL ini juga sebagai sarana untuk menghasilkan lulusan SMK Kehutanan yang memiliki Kompetensi Keahlian Teknik Konservasi Sumber Daya Hutan (TKSDH).

Teknis pelaksanaan PKL ini dilakukan dengan menempatkan siswa-siswi ke lapangan dan menginap di sekitar kantor resort TN Gunung Merbabu. 32 siswa dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok tinggal dan melakukan praktek di empat wilayah kerja Resort selama 10 hari dan jika sudah selesai target kegiatan PKL nya dilakukan rotasi ke resort yang lain. Resort yang digunakan Praktek yaitu Resort Kopeng, Resort Pakis (Wilayah kerja SPTN Wilayah I), Resort Selo dan Resort Wonolelo (Wilayah SPTN Wilayah II).

Rangkaian Kegiatan PKL yang akan dilakukan oleh siswa-siswi SMK Kehutanan Negeri Manokwari ini antara lain kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan, inventarisasi tumbuhan, inventarisasi hewan, pembinaan habitat dan populasi, ekowisata serta pendakian terukur. Penyerahan siswa-siswi SMK Kehutanan Negeri Manokwari ini dilakukan oleh Bapak Drs. Rizard M.H, Waas dan didampingi oleh Farid Gian Cinda, S.Hut dan Niken A. Wardani, S.Pd, Guru jurusan Konservasi di SMK Kehutanan Negeri Manokwari.

Sumber : Muhibbudin Danan Jaya, SP – Penyuluh Balai Taman Nasional Gunung Merbabu