5 Kelompok Binaan Balai TN Gunung Merbabu Terima Bantuan Kemitraan Konservasi

Boyolali, 15 November 2021. Sejak Tahun 2019, Balai Taman Nasional (TN) Gunung Merbabu telah melaksanakan program Kemitraan Konservasi dalam rangka pemberdayaan masyarakat setempat berupa pemberian akses pemanfataan rumput. Selain sebagai sumber air bagi masyarakat sekitar, TN Gunung Merbabu juga telah membantu masyarakat dalam penyediaan pakan hijauan ternak.

Pada Tahun 2021 ini, Balai TN Gunung Merbabu telah menyerahkan bantuan dalam rangka pengembangan usaha kemitraan kepada 5 (lima) kelompok masyarakat yaitu Kelompok Tani Sedayu Raharjo I dari Desa Jeruk, Karang Taruna Putra Pertiwi dari Desa Jogonayan, Kelompok Tani  Ngudi Makmur dari Desa Kenalan, Kelompok Tani Mapan Mandiri dari Desa Tajuk, serta Kelompok Tani Sumber Makmur dari Desa Kopeng. Bantuan diserahkan secara langsung oleh Kepala Balai TN Gunung Merbabu Ir. Junita Parjani, M.T pada masing-masing lokasi kelompok dengan disaksikan oleh kepala desa.

Bantuan yang diberikan sebagai salah satu upaya Balai TN Gunung Merbabu untuk membantu perekonomian masyarakat daerah penyangga. Jenis bantuan yang diberikan diharapkan dapat membantu kelompok masyarakat untuk mengembangkan potensi usaha yang ada disamping mata pencaharian mereka sebagai petani.

Sumber : Nur A. – Penyuluh Kehutanan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu