t

6 Kelompok Masyarakat Desa Penyangga Kawasan TNGMb Terima Bantuan Fasilitasi Usaha Ekonomi Produktif

Boyolali, 29 Desember 2021. Pada penghujung tahun 2021 ini, Balai TN Gunung Merbabu kembali memberikan bantuan dalam rangka Fasilitasi Usaha Ekonomi Produktif kepada kelompok masyarakat desa penyangga kawasan. Sebanyak 6 (enam) kelompok masyarakat dengan berbagai jenis usaha mendapatkan bantuan berupa peralatan dan mesin untuk menunjang usahanya. Tidak hanya usaha dalam bidang pertanian hortikutura yang merupakan sumber mata pencaharian sebagian warga masyarakat yang mendapatkan perhatian, namun juga usaha dalam bidang pemanfataan jasa lingkungan baik air maupun wisata, pengelolaan sampah, kesenian tradisional, dan persemaian tanaman hutan.

Keenam kelompok masyarakat yang mendapatkan bantuan yaitu Kelompok Tani Guyub Rukun Desa Pogalan, Kelompok Pecinta Alam KOMPPAS Desa Batur, Kelompok Pemanfaat Air Tirta Lancar Desa Bawang, KPA Rajawali Desa Tarubatang, Kelompok Wahyu Budoyo Desa Ngagrong, serta Kelompok Tani Panji Kinasih Desa Senden. Bantuan diserahkan oleh Kepala Balai TN Gunung Merbabu Ir. Junita Parjanti, M.T dengan disaksikan oleh masing-masing kepala desa.

Dalam kesempatan penyerahan ini juga dilaksanakan diskusi dengan kelompok masyarakat beserta kepala desa tentang proyeksi pengembangan usaha yang dilaksanakan kelompok. Kolaborasi berbagai pihak diperlukan dalam proses pemberdayaan masyarakat. Keberhasilan dalam kegiatan pengembangan usaha ekonomi masyarakat diharapkan dapat membantu mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Penulis : NurA_Penyuluh Kehutanan BTNGb