Sinergitas Program Kegiatan Bina Cinta Alam Balai Taman Nasional Gunung Merbabu dan SMP Negeri 4 Boyolali

Agustus 2022. Pengamanan dan Perlindungan Kawasan Hutan dapat dilaksanakan secara preventif, persuasif, maupun represif. Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam rangka pencegahan pengrusakan ekosistem hutan oleh masyarakat adalah melalui kegiatan Bina Cinta Alam (BCA). BCA bertujuan untuk memupuk, membina, dan meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan tanggungjawab masyarakat akan pentingnya kawasan konservasi.

Pendidikan lingkungan perlu diberikan sejak dini untuk penanaman karakter peduli terhadap lingkungan sekitar. Penanaman rasa peduli pada lingkungan sejak dini diharapkan akan menumbuhkan rasa ikut memiliki dan cinta pada alam yang akan berujung pada peran serta mereka dengan sukarela untuk menjaga kelestarian alam sekitar  mereka.

Pada hari ini, jumat 26 Agustus 2022, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu bersama dengan SMP Negeri 4 Boyolali melaksanakan penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Sinergitas Program Bina Cinta Alam. Kesepakatan Bersama ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan hubungan kelembagaan para pihak melalui penyelenggaraan pendidikan bersama serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam bidang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem.

Dengan ruang lingkup kegiatan dalam penyelenggaraan kegiatan ektrakurikuler Pecinta Alam di SMP Negeri 4 Boyolali dalam rangka mendukung program Adiwiyata serta peningkatan kapasitas siswa dalam bidang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Sinergitas Program Bina Cinta Alam ini disepakati akan dilaksanakan selama 2 (dua) tahun.

SMP Negeri 4 Boyolali merupakan sekolah Adiwiyata Mandiri yang ditetapkan oleh Menteri Lingkungan Hidup pada tahun 2012. Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Tujuan sekolah adiwiyata yaitu mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

(NurA_Penyuluh Kehutanan BTNGMb)