Wisata Goa Slandak

          Secara administrasi Goa Slandak terletak di Dusun Grogol Desa Munengwarangan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Secara geografis terletak pada koordinat UTM X: 0427781 dan UTM Y: 9178307 dengan ketinggian kurang lebih sekitar 880 mdpl. Luas kawasan yang akan dimanfaatkan sebagai wisata alam -+ 4,2 Ha. Adapun batas wilayah Desa Munengwarangan adalah :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Jambewangi.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Gondangsari.
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Gumelem.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Muneng.

– Aksesibilitas : aksesibilitas ke Dusun Grogol termasuk mudah dan dapat ditempuh dari arah Magelang maupun Kopeng. Adapun aksesibilitas ke Dusun Grogol secara rinci sebagai berikut :

          Rute dari Magelang (Pakis-Dsn Magersari-Dsn Kajangkoso-Dsn Warangan-Dsn Gumuk-Dsn Grogol) berjarak -+ 21 km, kondisi jalan dari pertigaan Jl. Magelang-Kopeng menuju Dsn Magersari-Dsn Kajangkoso sejauh -+ 2km aspal; Dsn. Gumuk sejauh -+ 1km jalan full cor dan Dsn. Grogol sejauh -+ 1 km jalan setengah cor. Dari Kopeng (Dsn.Gatran – Dsn Gedongan – Dsn Delok – Dsn Kecitran – Dsn Kragilan – Dsn.Grogol) berjarak -+ 14km dengan kondisi jalan dari Dsn Gatran sejauh -+ 4,8 km berupa jalan makadam dan -+ 0,6 km jalan aspal.

– Potensi Daya Tarik Wisata Alam : adapun potensi wisata alam yang terdapat di Blok Hutan Grogol Dusun Grogol Desa Munengwarangan yaitu :

  • Air terjun dan Goa Slandak : air terjun Slandak dengan ketinggian kurang lebih 12 meter dengan tepian air terjun batu-batu tebing yang ditumbuhi lumut dan tumbuhan yang ada sulur dan akar-akar yang menjalar di bebatuan tebing. Di tebing air terjun ini ada Goa Slandak karena masih dihuni hewan landak. Air terjun Slandak ada yang menyebut kembaran Grenjengan Kembar karena mirip ada dua air terjunnya, selain itu ada kolam alami yang bisa dinikmati bagi para pengunjung.
  • Tegakan pinus : Hutan pinus merupakan keindahan wisata alam yang dapat dinikmai pengunjung menjadi wahana bersantai dan swafoto. Bagian-bagian tempat lainnya di dalam lingkungan sekitar Goa Slandak yaitu :
  • 1. Kedung Bunder : kolam renang alami dengan air terjun kecil. Untuk dapat sampai ke tempat tersembunyi ini membutuhkan sedikit perjalanan melewati pepohonan yang masih asri, tentu saja tidak akan membuat pengunjung bosan.
  • 2. Kedung Sembrani : dijuluki seperti ini karena di sekitar kolam ada jejak atau tapak kuda sembrani di sebuah batu yang menurut cerita orang jaman dahulu ada kuda sembrani, yaitu sejenis kuda yang bersayap turun untuk minum di kolam tersebut.
  • 3. Watu Corong Bolong atau Watu Bolong : watu bolong atau wau corong bolong merupakan batu berbentuk seperti corong dan berlubang yang bisa dialiri air sungai pas lubangnya. Watu bolong juga bisa dimasuki anak-anak kecil atau anak remaja maupun orang dewasa yang ukuran tubuhnya sekitar 45 kg.

          Dusun Grogol merupakan salah satu daerah penghasil bunga mawar yang cukup besar. Sebagian besar masyarakat membudidaya bunga mawar sebagai salah satu sumber pendapatan. Hasil budidaya tersebut selain digunakan untuk bunga hias juga digunakan untuk bahan baku pembuatan makanan dan minuman. Produk dari bunga mawar tersebut antara lain sirup, teh dan selai. Selain itu masyarakat juga memiliki olahan hasil pertanian berupa umbi talas. Umbi talas tersebut diolah menjadi keripik yang selama ini dipasarkan di pasar tradisional, sekolahan, dan tempat wisata Goa Slandak.