Masyarakat Mitra Polhut Balai TN Gunung Merbabu

Merbabu, 10 Februari 2017. Masyarakat Mitra Polhut (MMP) merupakan kelompok masyarakat di sekitar hutan yang membantu Polhut dalam pelaksanaan perlindungan hutan di bawah koordinasi, pembinaan, dan pengawasan instansi pembina. Melalui keberadaan MMP, diharapkan dapat meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam upaya perlindungan dan pengamanan hutan khususnya di kawasan konservasi.

Pada Tahun 2017 ini, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (TN Gunung Merbabu) melaksanankan kegiatan Pembinaan MMP baik itu MMP SPTN Wilayah I maupun SPTN Wilayah II. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari yaitu pada tanggal 7 Februari 2017 untuk Pembinaan MMP SPTN Wilayah I dan tanggal 9 Februari 2017 untuk Pembinaan MMP SPTN Wilayah II dengan lokasi yang sama yakni di Hotel Garuda, Kopeng.

Jumlah peserta untuk masing-masing kegiatan adalah sebanyak 30 (tiga puluh) orang yang merupakan anggota MMP yang masih aktif. Metode yang dipergunakan dalam acara ini adalah dengan menggunakan metode ceramah atau paparan dilanjutkan dengan diskusi. Dalam acara, masing-masing ada 2 (dua) orang narasumber yaitu dari internal Balai TN Gunung Merbabu serta dari Polsek Getasan untuk Pembinaan MMP SPTN Wilayah I dan Polsek Sawangan untuk Pembinaan MMP SPTN Wilayah II dengan moderator dari Balai TN Gunung Merbabu. Materi yang diberikan adalah mengenai kebijakan pengelolaan kawasan TN Gunung Merbabu ,wujud-wujud peran serta masyarakat dalam upaya perlindungan dan pengamanan kawasan TN Gunung Merbabu serta jenis-jenis pelanggaran dan ancaman pidana di dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999.

Secara umum, acara Pembinaan MMP berjalan dengan tertib dan lancar. Masyarakat datang ke lokasi acara tepat waktu dan agenda acara pembinaan dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana. Setelah acara pembinaan ini, anggota MMP diharapkan mendapatkan penyegaran semangat  dan dapat berperan aktif dalam kegiatan perlindungan dan pengamanan kawasan TN Gunung Merbabu berkolaborasi dengan para Polhut .

BTNGMb