Merbabu National Orienteering Competition

Boyolali – 22/03/2017, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu bekerjasama dengan Unit Pelestari Lingkungan Merbabu akan menyelenggakan “Merbabu National Orienteering Competition” pada hari Sabtu-Minggu tanggal 25-26 Maret 2017 di Basecamp Jalur Pendakian Tekelan, Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Balai Taman Nasional Gunung Merbabu mengadakan Lomba Orienteering ini bermaksud untuk mengkampanyekan kegiatan naik gunung bagi mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum dengan tetap menjaga hutan dan alam agar tetap lestari serta memperkenalkan objek wisata secara umum dan wisata pada  Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu dan sekitarnya.

Lomba Orienteering ini adalah salah satu olahraga yang tidak hanya digemari oleh kalangan backpakers, traveller akan tetapi masyarakat umum dan pengunjung tempat area pariwisata begitu antusias menerima perlombaan ini, karena mereka mendapatkan suatu pengalaman baru serta tantangan  disaat berwisata sekaligus berlomba. Kegiatan Lomba ini mengharuskan semua peserta mendatangi pos-pos atau titik point di lapangan yang tergambar di peta untuk mendapatkan point, sehingga semakin banyak mereka datang ke pos maka kemungkinan juara akan semakin besar. Dalam perlombaan ini juga dihitung waktu perlombaan, sehingga peserta diharuskan menempuh waktu yang telah di tentukan.

Perlombaan akan diikuti oleh Masyarakat Umum dari seluruh Indonesia khususnya Kalangan Backpaker, Traveller  dan Mahasiswa Pecinta Alam. Dalam perlombaan ini terdapat 3 (tiga) kategori, kategori Putra, Putri dan Pelajar. Target peserta lomba orienteering ini adalah 75 Tim yang masing-masing tim terdiri dari 2 (dua) orang. Hadiah bagi pemenang lomba yaitu trofi dan uang pembinaan dengan total Rp. 20.000.000,-.

BTNGMb