Masyarakat Peduli Api Semuncar Siap Siaga Selalu

Masyarakat Peduli Api Semuncar Siap Siaga Selalu

Boyolali, 20 Maret 2018. Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) kembali membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) Kabupaten Boyolali setelah sebelumnya di Kabupaten Semarang. Bertempat di Wisma Heritage mulai tanggal 19 sampai dengan 20 Maret 2018 sebanyak 30 orang mengikuti Pembentukan MPA Kabupaten Boyolali. Peserta berasal dari masyarakat Desa Lencoh, Tarubatang, Senden, Ngangrong, Ngargoloko, Jlarem yang merupakan desa penyangga Taman Nasional Gunung Merbabu. Masyarakat ini merupakan masyarakat yang selama ini peduli dan aktif secara sukarela untuk menjaga Gunung Merbabu.

Pembentukan MPA berpedoman pada PerDirjen PHKA Nomor P.2/IV-Set/2014 tentang Pembentukan dan Pembinaan MPA. Peserta dibekali materi teori dan praktek. Materi teori disampaikan oleh Kepala Balai TNGMb Ir. Edy Sutiyarto, Kepala SPTN Wilayah I Ilmi Budi Martani, S.Si, M.Sc dan Nur Azizah S.Hut. Untuk materi praktek disampaikan oleh KSBTU Johan Setiawan, S.Hut, M.Sc dan Deden A.

Kepala Balai TNGMb dalam penyampaian materi selalu memberikan motivasi kepada peserta untuk tetap semangat secara sukarela untuk menjaga Gunung Merbabu dan siap untuk dipanggil saat kejadian kebakaran tiba. Masyarakat yang usianya masih muda-muda ini menyatakan siap siaga apabila dipanggil. Kelompok MPA yang disepakati bernama MPA Semuncar ini dikoordinir oleh Mas Budi dari Desa Senden. Agar lebih memudahkan berkoordinasi anggota kelompok MPA Semuncar ini membuat WA grup dengan memasukkan juga teman-teman Resort Selo dan Ampel.

Sumber : Astekita –  Balai TN Gunung Merbabu

No Responses

Leave a Reply