Sistem Booking Online dan Gelang Ber-Chip Saat Mendaki di Gunung Merbabu

Sistem booking online Pendakian di terapkan di Taman Nasional Gunung Merbabu khusus untuk pendakian jalur selo. Pendaftara online bisa langsung melalui situs https://tngunungmerbabu.org yang merupakan situs resmi Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb). Kemudian pada buka bagian pendaftaran online sampai keluar bagian form pengisian data calon pendaki. Informasi semuanya harus diisi sesuai dengan kartu identitas kita yang berlaku, tanggal serta jalur naik dan turun, nama kelompok atau organisasi, email dan nomor kontak keluarga yang dapat dihubungi.

Dalam form tersebut juga terdapat daftar peralatan standart minimal pendakian sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dan lainnya yang harus diisi. Bagi pendaki yang perlengkapan tidak sesuai standart atau kurang, pengelola akan memberitahukannya agar melengkapinya. Dengan pendaftaran online para pendaki bisa daftar di rumah atau tempat tinggal asalnya dan mempunyai banyak waktu, para calon pendaki dapat dengan tenang dan teliti mengisi datanya.

Setelah form terisi lengkap dan benar serta mendapatkan balasan email dari pengelola dan nomor registrasi, kemudian kita dapat mengunduh aplikasi Merbabu Emergency Report. Dimana aplikasi ini bekerja dengan menggunakan sistem Voice  over Internet Protokol (VoIP) agar pelaporan keadaan darurat dapat lebih cepat sampai dan cepat.

“Sistem VoIP menggunakan jaringan nirkabel yang terhubung langsung dengan Kantor Resort Selo. Jadi setiap kelompok pendaki akan terdeteksi jika sudah melewati tower emergency report yang berada di Sabana 1. Kemudian jika terjadi keadaan darurat, pendaki dapat langsung menuju tower untuk menghubungi petugas melalui aplikasi yang sudah diunduh pada smartphonenya.

Setelah menunjukkan kartu identitas pada chek point di Resort Selo dan data terverifikasi juga valid, para pendaki mendapatkan satu gelang orange untuk setiap kelompok pendaki (pimpinan regu) hanya akan mendapatkan satu gelang RFID dan dikembalikan begitu pendaki telah turun dan melaporkan kembali kepada petugas. Dengan demikian setiap kelompok pendaki selalu menjaga kebersamaan dan keamanan anggotanya.

Pada Sabana 1 dilengkapi dengan menara Merbabu Monitoring dan Emergency Report . Menara ini berfungsi sebagai sarana pengawasan keselamatan dan pengamanan di kawasan sabana 1. Dapat memonitor keadaan cuaca areal camp dan sekitar kawasan puncak secara realtime dengan menggunakan koneksi nirkabel yang terhubung langsung dengan kantor Balai TNGMb dan kantor Resort Selo. Jadi jika cuaca sekitar camp dan puncak buru, langsung dapat terpantau. Dan dapat menjadi acuan pengelola untuk menutup jalur pendakian sementara waktu. semuanya untuk meminimalisir dampak dari terjadinya kecelakaan saat pendakian.

Para pendaki Agar tetep bertanggungjawab harus mematuhi segala prosedur yang berlaku dalam kawasan dan persiapkan segala sesuatunya dengan baik dan benar. Pastinya juga bersama-sama menjaga kelestarian kawasan serta fasiltas dan sarana yang telah disiapkan pengelola untuk kebaikan kita semua.

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu