Cerita Pelajar SMK Manokwari Praktek Lapangan di TN Gunung Merbabu

Boyolali, 11 Oktober 2019. Siswa siswi SMK Manokwari memaparkan hasil kegiatan praktek kuliah lapangan yang sudah dilaksanakan di Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) selama kurang lebih 52 hari. Mereka melaksanakan praktek kuliah di 4 resort yaitu resort Selo, Wonolelo, Pakis, dan Kopeng.

          Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya inventarisasi burung, pelayanan wisata jalur pendakian selo, pendakian terukur, pembukaan hidroponik, penanganan kebakaran hutan, identifikasi ODTWA, pembuatan stasiun pakan, identifikasi flora dan pemasangan papan interpretasi.

          Selama kegiatan praktek lapangan berlangsung siswa siswi didampingi oleh staf Balai TN Gunung Merbabu baik yang ada di balai, seksi maupun resort.Presentasi hasil kegiatan dilaksanakan oleh siswa siswi SMK Manokwari. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Balai TN Gunung Merbabu, Kepala SPTN Wilayah 1 dan staf Balai TN Gunung Merbabu.

          Dengan adanya kegiatan lapangan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa siswi SMK Manokwari tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya dan dapat mengenal salah satu kawasan pelestarian alam yaitu TN Gunung Merbabu.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merbabu