Angin Puting Beliung Melanda Taman Nasional Gunung Merbabu

Semenjak hari Minggu sore (20/10/2019), sisi barat Gunung Merbabu dilanda bencana angin puting beliung. Sebagian rumah warga mengalami kerusakan akibat angin ribut ini. Sebagian warga yang ada di lereng Barat Gunung Merbabu belum berani pulang ke rumah dan mengungsi ke daerah yang lebih aman. Lebih dari seribu pohon yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu (didominasi tanaman Pinus Merkusii) mengalami patah batang dan roboh.

          Dampak lain angin puting beliung yang menerjang kawasan TN Gunung Merbabu yaitu rusaknya fasilitas di tempat Wisata Grenden, tertutupnya akses jalan, serta rusaknya rumah warga Desa Kenalan, Desa Kaponan, Desa Pogalan, Desa Wonolelo, Desa Banyuroto, Desa Sukomakmur, Desa Tejosari, Desa Dawung, Desa Ngargosoko, Desa Sengi dan Desa Ketundan.

          Seluruh potensi relawan di sekitar Gunung Merbabu bahu membahu menolong korban bencana puting beliung. Hingga saat ini belum bisa diestimasi total kerugian akibat bencana ini.

Jumat, 22 Oktober 2019, Balai TN Gunung memberikan bantuan berupa susu anak, perlengkapan bayi, perlengkapan mandi dan cuci, obat2an, pembalut, popok dan snack anak2 ke posko yang dipusatkan di Desa Ketundan.

Terimakasih kami ucapkan kepada Balai KSDA Jawa Tengah yang telah mengirimkan bantuan slip on sehingga dapat membantu pendistribusian bantuan dan air bersih serta Balai TN Gunung Merapi yang telah mengirimkan makanan bayi dan popok.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merbabu