Aksi Nol Sampah di Taman Nasional Gunung Merbabu

Boyolali, 20 November 2019. Dalam rangka evaluasi dan persiapan rencana pembukaan jalur pendakian, serta masih dijumpainya sampah sisa-sisa pendakian sebelum penutupan jalur, Resort Selo Balai TN Gunung Merbabu beserta para relawan/volunteer melakukan aksi bersih sampah di TN Gunung Merbabu. Bersih sampah ini dilakukan 2 (dua) kali dalam bulan November ini. .

Pada tanggal 5-6 November 2019 bersih sampah fokus dilakukan di Sabana 1 Jalur Pendakian Selo. Hasilnya sampah sebanyak 2,1 kwintal yang terdiri dari sampah tissu basah, plastik, botol mineral bekas, botol kaca dan beberapa atribut/banner komunitas. Sampah tersebut dibakar ditungku pembakaran khusus. Dari 21 botol yang ditemukan berisi air seni dengan jumlah 1,6 liter per botol.

Aksi bersih sampah dilanjutkan pada tanggal 18 November 2019. Fokus bersih sampah dilakukan di Pos 3 dan Pos 2 Jalur Pendakian Selo. Berat sampah yang terkumpul sebanyak 1,1 kwintal. Dari 51 botol berisi urin dengan volume rata-rata 0,5 liter per botol.
Saat yang bersamaan dilakukan juga kegiatan pembersihan vandalisme di plat/papan, pohon, petunjuk sepanjang jalur pendakian Selo.

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu