Aksi Nol Sampah Pendakian Merbabu dalam Rangka HPSN 2020

Selo, 21 Februari 2020. Memepringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020 dengan tema “Wujudkan Indonesia Bersih, Indonesia Maju dan Indonesia Sejahtera”, Balai Taman Nasional (TN) Gunung Merbabu melakukan giat bersih sampah di Pos 3 sampai Sabana 1 Jalur Pendakian Selo. Kegiatan dilakukan oleh Petugas dari Balai TN Gunung Merbabu, KPA Rajawali dan para volunteer merbabu. HPSN yang diperingati setiap tanggal 21 Februari merupakan momentum bersama untuk meningkatkan kepedulian terhadap sampah menuju “Indonesia Bersih, Maju dan Sejahtera”. Lebih dari 30 kantong trashbag dengan perkiraan berat ±317 kg sampah berhasil dikumpulkan.

Jalur Pendakian Selo, TN Gunung Merbabu berupaya mewujudkan kegiatan pendakian menuju zero waste. Pada saat registrasi, pendaki mengisi form peralatan, logistik dan obat-obatan. Isian form tersebut dijadikan acuan pengecekan saat briefing. Pada saat briefing petugas dibantu oleh para volunteer melakukan pengecekan barang bawaan.

Para pendaki diberikan informasi mengenai pemilahan sampah organik dan anorganik. Untuk sampah organik dapat dikubur (kedalaman 10-15 cm) di dekat pohon, sedangkan untuk sampah anorganik harus dibawa turun kembali. Setelah pendaki turun akan dilakukan pengecekan sampah sesuai isian form. Sampah tersebut dipilah dan dikelompokkan, misalnya sampah kaleng, botol, dan plastik. Beberapa sampah dapat dimanfaatkan untuk asbak puntung rokok bagi pendak. Inovasi terakhir yang dilakukan dalam pengelolaan sampah yaitu membuat ecobrick. Untuk sampah yang tidak dapat dimanfaatkan akan dibakar di tungku pembakaran.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merbabu