Komposisi Orchidaceae di Resort Kopeng TN Gunung Merbabu

Selasa, 21 April 2020 – Resort Kopeng secara administratif berada di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Luas kawasan hutan yang menjadi  wilayah kerja Resort Getasan sebesar 1.357,21  Ha. Potensi wisata alam di Resort Kopeng cukup beragam dan lengkap, baik wisata yang dikelola oleh kelompok masyarakat lokal, swasta, dan Balai TN Gunung Merbabu (TNGMb). Obyek wisata tersebut antara lain : jalur pendakian Thekelan, jalur pendakian Cuntel, Wisata alam Kalipasang, Wisata Umbul Songo, Kopeng Treetop, Gedong Pass, Watu Telu Hill, dan Downhill.

Penulisan ini bertujuan untuk menelusuri dan mengkaji potensi flora khususnya suku Anggrek-anggrekan (Orchidaceae) yang telah disurvei dan diteliti di wilayah Resort Kopeng TNGMb baik oleh pengelola TNGMb maupun pihak peneliti/pemerhati. Selanjutnya data dan informasi yang dihasilkan dapat mendukung pengelolaan kehati TNGMb dalam rangka pengembangan wahana wisata edukasi di Resort Kopeng, salah satunya Green House Umbul Songo.

Keanekaragaman jenis anggrek beradasarkan Inventarisasi Anggrek di TNGMb tahun 2015 telah dijumpai 15 (lima belas) jenis, yaitu :Arundina graminifolia (D.Don.) Hochr, Appendicula alba Bl, Appendicula angustifolia Bl, Bulbophyllum flavescens (Bl.) Lindl, Coelogyne miniata (Bl) Lindl, Dendrobium saggitatum J.J.Sm, Dendrobium crumenatum Sw, Flickingeria grandiflora, Habenaria multipartita Bl, Liparis pallida (Bl) Lindl, Maloxis khobi J.B.Comber, Oberonia similis (Bl.) Lindl, Paphiopedilum javanicum (Reinw. Ex Lindl.) Pfitz, Pholidota carnea (Bl) Lindl, dan Spathoglottis plicata Bl

Kondisi  habitat di lokasi perjumpaan anggrek cukup beragam, dari ketinggian 1.500 sampai dengan  2.800  mdpl.  Jenis  vegetasi penyusunnya  antara  lain :  Pinus, Puspa, Senggani, Kesowo, Kecubung, Acasia dekuren, Tembelekan Lantana camara, Pakis, Daun sendok Plantago asiatica, Paku tiang  Alsophila  glauca, dan Lumut  janggut  Usnea  barbata, serta vegetasi pegunungan atas seperti Savana, Eidelweiss, Manisrejo, dan Kemlandingan gunung.

Inventarisasi TNGMb (2015) keseluruhan telah dijumpai 15 (lima belas) jenis anggrek, dimana 3 jenis dijumpai di Resort Kopeng yaitu : Bulbophyllum flavescens, Liparis pallida, dan Oberonia similis, ketiganya termasuk anggrek epifit. Menggabungkan 2 hasil penelitian tersebut diatas, maka potensi anggrek di wilayah Resort Kopeng (sementara) dijumpai 8 jenis anggrek yaitu :

  1. Appendicula alba Bl
  2. Appendicula angustifolia Bl
  3. Bulbophyllum flavescens (Bl.) Lindl
  4. Liparis javanicaJ.Sm
  5. Liparis pallida (Bl) Lindl
  6. Maloxis khobi B.Comber
  7. Oberonia similis (Bl.) Lindl
  8. Phaius flavus

Dokumentasi perjumpaan anggrek di Resort Kopeng terbaru, periode Februari – Maret 2020 oleh petugas Resort Kopeng diperoleh jenis anggrek yang selain 8 jenis diatas, yaitu : Pholidota carneaDendrobium saggitatum, Habenaria multipartita dan Coelogyne longifolia. Sehingga sampai dengan awal tahun 2020 telah dijumpai 12 jenis anggrek di wilayah Resort Kopeng.

Balai TN Merbabu