Nagara Rimba Nusa Versi Taman Nasional Gunung Merbabu

Kabupaten Semarang, 10 Agustus 2020.  Balai Taman Nasional (TN) Gunung Merbabu melaksanakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional atau disebut HKAN. Tema yang diusung kali ini yaitu “Nagara Rimba Nusa” yang dapat diartikan Merawat Peradaban Menjaga Alam.

Kegiatan peringatan ini dilaksanakan di Umbul Songo bersama Forkopimca Getasan, Kelompok Pencinta Alam Pinoes, MPA Pandu dan warga Sleker. Acara ini diawali dengan Apel bersama yang dipimpin Kepala Balai TN Gunung Merbabu, dilanjutkan penyerahan Bantuan berupa HT kepada MPA Pandu.

Selanjutnya ada 3 kegiatan yang serentak dilaksanakan, yaitu tim “Paring Suluh Jogo Tonggo“, “Ngrumat Sumber Banyu“, dan “Ngrumat Tadah Banyu“. 

Paring suluh Jogo Tonggo adalah kegiatan berkeliling desa sekitar kawasan TN Gunung Merbabu dengan menggunakan sepeda, berkampanye akan pentingnya konservasi alam serta memberikan penyuluhan cegah kebakaran hutan menjelang musim kemarau. Tim juga membagikan bingkisan, masker serta hand sanitizer kepada masyarakat.

Ngrumat Tadah banyu adalah melakukan perawatan tanaman di Ngroto TN Gunung Merbabu, diharapkan tanaman tumbuh subur dapat menjadi penyimpan air. Kegiatan Ngrumat Sumber Banyu yaitu melakukan pembersihan sampah di sumber air Umbul songo dan sekitarnya.

Sampah yang terkumpul sebanyak 32 karung, terdiri dari sampah plastik, botol, dan kain. Ditengah acara juga dilakukan Live Virtual Conference dengan Menteri LHK. Kegiatan ditutup dengan acara “memeluk pohon“. Ini sebagai wujud cinta kita terhadap pohon yang memberikan air dan udara sebagai sumber kehidupan. Salam Konservasi ????

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merbabu